Web Application

Web application adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan web browser melalui suatu jaringan seperti internet atau intranet. Terdapat beberapa kelebihan sebagai berikut.

  1. Mudah di update.
    Sangat berbeda dengan aplikasi berbasis desktop atau mobile yang ketika ada pembaharuan atau update, pengguna diharuskan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi berbasis web hanya perlu di-update di satu tempat yaitu di server dan kemudian setiap user akan mendapatkan update yang sama. Hal ini tentu saja bisa menghemat waktu dan biaya penggunanya.
  2. Bisa diakses di berbagai macam perangkat.
    Web application bisa diakses lewat berbagai macam perangkat dimana saja dan kapan saja, asalkan perangkat tersebut tersambung dengan internet.
  3. Lebih aman.
    Perangkat lunak berbasis desktop atau mobile cenderung jarang di-update sehingga rentan terhadap berbagai masalah dan keamanan. Contoh, jika sebuah perangkat terkena virus, maka bisa jadi aplikasi desktop atau mobile tersebut juga akan terpengaruh. Sedangkan aplikasi berbasis web yang tersimpan di dalam server, jika terdapat bug atau kerusakan akan lebih mudah diperbaiki hanya dari satu tempat.
  4. Lebih murah dan lebih awet.
    Ketika akan menginstal dan menggunakan perangkat lunak berbasis mobile atau desktop, maka harus mempertimbangkan kekuatan perangkat yang menjalankannya. Kadang-kadang, pembaharuan menyebabkan aplikasi tersebut menuntut perbaikan atau peningkatan kemampuan hardware. Tentu saja hal tersebut akan memakan biaya yang sangat besar. Berbanding terbalik dengan penggunaan aplikasi web yang cenderung bisa digunakan oleh hampir semua perangkat yang menyertakan browser. Hal tersebut karena aplikasi berbasis web cenderung jauh lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop dan mobile.